Welcome To Awas Ada Boy Jangan Lupa Difollow Ya Silahkan Menikmati Artikel Dari Blog Kami Yang Ada Disini

Selasa, 19 Maret 2013

Cara Sharing Internet Pada Windows 7

Bagi pengguna jaringan internet telkom speedy yang hendak membagi sumber daya internet untuk digunakan secara bersama dalam rumah atau kantor, artikel cara sharing internet pada windows 7 ini perlu anda baca, agar koneksi internet ditempat anda, tidak hanya dimanfaatkan oleh satu orang saja melainkan banyak orang dapat mengakses internet dengan cara sharing internet.


Pada artikel ini saya menjelaskan cara sharing internet yang jenis koneksinya menggunakan telkom speedy, sedangkan koneksi internet menggunakan modem gsm maupun cdma, sebaiknya jangan dishare karena sangat membebani kerja modem sehingga membuat modem cepat rusak.

Perangkat Tambahan Sharing Internet pada Windows 7

Untuk melakukan share internet pada windows 7, diperlukan penambahan beberapa perangkat yaitu LAN Card, Hub dan juga kabel serta konektor RJ45. Fungsi dari LAN Card tambahan yaitu untuk meneruskan koneksi internet ke hub untuk dapat disalurkan ke perangkat komputer lain yang terhubung ke hub tersebut. Fungsi hub adalah sebagai pembagi internet dan mengontrol lalulintas komunikasi data dalam jaringan. Sebagai penghubung antara hub dengan komputer, digunakan kabel UTP yang dikedua ujungnya dipasang konektor RJ45.

Cara Sharing Internet pada Windows 7

Untuk melakukan sharing internet pada windows 7, ikuti cara berikut ini.

1. Pasang LAN Card tambahan pada slot PCI
2. Sambungkan kabel UTP yang sudah terpasang konektor RJ45 antara komputer utama (LAN Card PCI) dengan Hub.
3. Sambungkan kabel internet (kabel yang terhubung ke internet) ke Lan Card onboard.
4. Setting ip address untuk LAN Card onboard, sesuai dengan yang diperoleh dari telkom. Apabila sebelumnya komputer anda sudah terkoneksi dengan internet, maka anda tidak perlu melakukan setting ip pada LAN Card onboard.
5. Klik Start-Control Panel
6. Klik Network and Internet
7. Klik Network and Sharing Center
8. Klik Change Adapter Settings
9. Double klik pada icon network yang terhubung ke internet dan klik Properties]
10. Klik tab Share dan berikan tanda centang pada tulisan Allow other network users to connect through this computer's internet connection
11. Klik Close

Proses melakukan sharing internet pada windows 7 di atas sudah selesai, dan setelah selesai melakukan langkah di atas, maka komputer secara otomatis mensetting ip address untuk LAN Card PCI menjadi 192.168.137.1, jika cara sharing computer ini anda lakukan di windows xp maka komputer akan mengubah ip address menjadi 192.168.0.1.

Langkah selanjutnya adalah setting ip address untuk masing-masing komputer yang terhubung ke Hub yang sama dengan komputer dengan koneksi internet di atas. Atur ip address menjadi 192.168.137.2 dan seterusnya hingga 192.168.137.254

Demikian cara sharing internet pada Windows 7, semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi pengunjung blog Belajar Ilmu Komputer. Bila anda ingin mencoba windows 8, silahkan baca artikel Cara install Windows 8.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews