Welcome To Awas Ada Boy Jangan Lupa Difollow Ya Silahkan Menikmati Artikel Dari Blog Kami Yang Ada Disini


Selasa, 19 Maret 2013

Mengatasi Koneksi Internet Sering Terputus

Tadi pagi saya mengerjakan sebuah komputer yang katanya koneksi internetnya sering terputus saat sedang digunakan. Awalnya saya ditelpon, katanya melalui telpon kalau komputernya mengalami masalah yaitu koneksi internet sering sekali terputus di tengah jalan saat sedang asik-asik browsing dan download, tiba-tiba saja koneksi internet terputus. Kadangkala juga sedang mendengarkan lagu di youtube tiba-tiba saja koneksi internetnya terputus.


Setelah meluncur ke tkp, ternyata saya menemukan sebuah benda bekedip-kedip di bagian atas jendela rumah, ternyata itu adalah sebuah modem gsm yang sedang digunakan oleh klien saya ini, dan modem itu sedang digunakan tetapi hanya beberapa menit saja tersambung, kemudian putus lagi. Modem itu terpasang menggunakan sambungan kabel USB dengan panjang kabel 5 meter.

Cara Mengatasi Internet Sering Terputus

Berikut ini adalah tindakan yang saya ambil untuk belajar mengatasi internet yng sering terputus. Ada beberapa tindakan yang saya lakukan, berdasarkan pengalaman saya sendiri selama melakukan perbaikan komputer klien. Berikut adalah langkah untuk mengatasi koneksi internet yang sering terputus.

1. Melepaskan modem dari tempatnya (lepas dari USB port)
2. Melakukan uninstall aplikasi dan driver modem
3. Restart Komputer
4. Pasang Modem kembali
5. Install Ulang Driver dan Aplikasi Modem
6. Add Profile
7. Lakukan koneksi internet

Setelah saya melakukan ketujuh langkah di atas ternyata hasilnya memang lebih bertahan lama, namun akhirnya terputus juga koneksinya. Saya mencoba dengan memindahkan kabel modem ke port USB yang berbeda (port USB belakang/rear CPU), karena sebelumnya terpasang di port USB depan (front), hasilnya masih tetap sama juga. Akhirnya saya iseng melepas modem yang berada di ujung kabel USB yang panjangnya 5 meter kemudian modem tersebut saya pasang langsung ke port usb belakang CPU tanpa menggunakan penghubung kabel yang panjangnya 5 mete tadi. Hasilnya internet terkoneksi tanpa terputus lagi. Sampai dengan artikel ini saya tulis, saya sempat bertanya kepada klien saya itu apakah koneksi internetnya masih sering terputus, katanya sudah tidak lagi, koneksi internetnya berjalan sangat lancar. Meski awalnya cuma iseng tetapi hasilnya luar biasa.

Kesimpulannya bahwa, menggunakan kabel panjang untuk meraih signal yang tinggi, tidak selamanya berhasil, justru tidak menggunakan kabel yang panjang malah koneksi internet menjadi lancar dan tidak terputus.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews