Welcome To Awas Ada Boy Jangan Lupa Difollow Ya Silahkan Menikmati Artikel Dari Blog Kami Yang Ada Disini

Rabu, 24 November 2010

MENATAP JALAN BAND MENUJU KONTRAK REKAMAN

Menatap Jalan Menuju Kontrak Rekaman

Saya melanjutkan dengan pengalaman saya dan teman teman saya sekedar melengkapi post sebelumnya, menurut saya, saya bisa simpulkan bahwa semua orang berkemungkinan mendapat konrak label rekaman, sebuah band yang ingin maju ( popular dan sukses memasarkan lagunya ) harus memulai langkah nya satu persatu, maksudnya begini jangan dulu bermimpi menjadi artis / musisi sebelum sampai langkah terakhir, dan jangan meloncat langkah.
  1. langkah pertama adalah membentuk "band" idealis ( bukan band pasaran ) ini bisa memupuk dan bisa jadi landasan dasarnya nanti ( berkarakter ), karena hanya band band yang berkarakterlah yang nanti nya akan awet di pasar musik, memang band yang aliran musiknya mengikuti pasar akan mudah sekali terangkatnya namun apa mau band mu nanti seperti band band yang jadi ejekan saja ?
  2. kedua mantapkan jalan band kamu dengan memperbanyak dan memperluas " jam terbang "  band mu, jangan cukup puas dengan cuma mengikuti berbagai acara di dalam kota, apa lagi hanya sekitar kampung saja, sebagai perbandingan saja, saya pikir paling tidak 1kali dalam sebulan band mu bisa manggung di luar kota, dan paling tidak 4x dalam sebulan band kamu itu perform, 
  3. ikuti kejuaraan, festival, dan atau lomba lomba tentang band indie, menangkan sebanyak banyaknya, dapatkan semua pengalaman dan prestasi sebagai nilai jual band anda ( dengan tetap memakai standar idealisme band mu )
  4. perbanyak dan pertegas jaringan musik mu dengan dengan rekaman demo, sebarkan dengan cara panggung ke panggung, radio, di langkah ini tolong jangan dulu kamu mikir komersialitas musik mu, sok artis lah, dll itu tidak membantu jalan band mu sama sekali. dan di langkah ini banyak banyak lah bereksperimen dengan rekaman, sound, serta kenali lah lebih dalam atribut bermusik band mu.
  5. perbanyak link mu dengan band yang sudah masuk industri musik, jangan sungkan untuk belajar tetapi jangan juga terlihat mengemis.
  6. rawat manajement band mu dengan baik dan benar, lengkapi fator pendukungnya seperti manajer band, crew, dll ( tergantung kebutuhan band )
  7. gaet lah pasar musik ibu kota, yaitu dengan cara manggung, radio, lomba band taraf nasional / ibu kota,  atau bahkan dengan cara internet.
  8. ajukan SENDIRI demo anda ke label, tapi sebelumnya sharing sharing lah dengan senior cara cara dan tata krama serta birokrasinya.
  9. dengan catatan band mu terus manggung saya rasa hanya soal waktu saja band mu suatu saat nanti akan sebesar slank, gigi, dll
selamat menempuh jalan panjang menuju kontrak rekaman :)
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews