Welcome To Awas Ada Boy Jangan Lupa Difollow Ya Silahkan Menikmati Artikel Dari Blog Kami Yang Ada Disini

Rabu, 24 November 2010

TIPS BAND UNTUK MENUJU LABEL INDUSTRI MUSIK

tips band menuju kontrak label industri musik

Untuk mendapatkan kontrak rekaman dari indie label atau major label dibutuhkan bakat, kepandaian dalam memasarkan dan faktor keberuntungan yang tinggi. Anda memang tidak dijamin untuk menjadi terkenal dan sukses setelah membaca atau mempraktekkan ttik ini. Namun, tetap tidak ada salahnya juga untuk dicoba. Berikut ini adalah cara berburu yang tepat agar band Anda diperhatikan dan mudah-mudahan dikontrak oleh sebuah label rekaman.

1. Membuat musik bagus yang diciptakan dengan baik dan dapat dipasarkan.

2. Latihan band secara teratur. Ini bukan hanya masalah memasarkan band, tetapi juga band Anda harus bermain rapi dan kompak.

3. Menabung uang. Untuk membuat demo dan membuat band Anda dilihat orang juga memerlukan biaya yang tidak sedikit awalnya.

4. Mulailah mencari panggung-panggung musik di sekitar Anda. Informasikan jadwal manggung Anda di myspace, toko musik, atau dengan komunitas Anda. Ajak teman-teman Anda menyaksikan tampilan band Anda. Hari ini manggung harus lebih dari sekedar manggung, tapi bagaimana menciptakan basis masa penggemar.

5. Mulailah mencari manajer artis musik yang berpengalaman untuk membantu karier Anda. Seorang manajer berpengalaman bisa jadi bukan teman baik Anda, ayah Anda, guru gitar Anda, tapi seseorang yang menguasai luar dan dalamnya industri musik. Orang ini nantinya juga bisa membantu Anda mencarikan pengacara hiburan yang tepat untuk menjaga karier Anda.

6. Bangunlah fanbase dan kembangkan manggung band Anda hingga ke daerah-daerah diluar kota. Jangan lupa informasikan pula panggung-panggung ini.

7. Kembangkan lagu-lagu ciptaan band Anda diatas panggung dan gunakan apresiasi penonton sebagai uji kualitasnya. Panggung akan menjadi presentasi yang bagus untuk mengetahui bagaimana para penonton merespon gaya musik band Anda. Bisa jadi lagu favorit Anda malah tidak disukai penonton.

8. Rekamlah demo musik dengan produser atau sound engineer yang jago dan design sampul yang menarik dengan data kontak di dalamnya. Pastikan Anda tidak mengirim lagu cover dari artis lain, tapi lagu karya orisinil Anda atau band Anda sendiri.

9. Cetak demo itu ke dalam beberapa puluh keping CD dan bagikan kepada orang-orang yang menurut Anda tepat.

10. Perbaiki image band Anda karena image adalah segalanya apalagi jika band Anda ingin menarik perhatian para major label.

11. Hindari narkotika. Artis dengan masalah narkotika bisa berarti pengeluaran yang lebih besar bagi manajemen atau label rekamannya. Apalagi label rekaman pasti menginginkan investasi mereka kepada band Anda kembali dan menguntungkan, bukannya malah membawa masalah.

12. Koordinasikan dan diskusikan pilihan gaya masing-masing anggota band Anda. Menggunakan T-Shirt hasil donasi distro adalah cara yang basi.

13. Tentukan wardrobe yang tepat untuk panggung-oanggung Anda dan kembangkan image keren sedemikian rupa bagi band Anda.

14. Buatlah foto band dan video klip yang terlihat profesional walaupun murah.

15. Buatlah promo kit band yang terdiri atas CD demo, foto, biografi band, dan info-info menarik tentang para anggota band, kliping pers, dan foto-foto manggung Anda.

16. Cari alamat dari label-label rekaman yang cocok bagi jenis musik band Anda, dan kirimkan promo kit ke bagian A & R mereka.

17. Manggung sebanyak-banyaknya memang bukan jaminan band Anda akan mendapat kontrak rekaman. Namun, eksposur yang tepat bukan hal yang jelek. Mungkin saja band Adna mendapat kontrak rekamn walau tidak pernah manggung. Namun, kemungkinannya kecil sekali. Tambahan lagi jika Anda telah memiliki popularitas terlebih dahulu, akan memudahkan Anda menegosiasikan bisnis yang lebih menguntungkan dengan pihak label rekaman.

18. Jika band Anda tidak kunjung mendapat kontrak rekaman, tidak perlu berkecil hati. Rilis album dengan dana sendiri dan kembangkan fanbase sebesar mungkin, label-label akan memperhatikan band Anda nantinya.
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews