Welcome To Awas Ada Boy Jangan Lupa Difollow Ya Silahkan Menikmati Artikel Dari Blog Kami Yang Ada Disini

Kamis, 04 Agustus 2011

Tak Perlu Obat untuk Redakan Sakit Kepala

Empat cara sederhana ini bisa Anda lakukan agar bebas dari sakit kepala.

 
Sakit Kepala (doc Corbis)
 
Hampir 90 persen manusia mengalami masalah sakit kepala sekali atau dua kali dalam setahun. Sakit kepala bahkan menjadi alasan terbanyak kedua seseorang untuk mengunjungi dokter.

Banyak hal yang menyebabkan sakit kepala, dan banyak pula obat yang beredar di pasaran untuk menyembuhkannya. Tapi, sebelum mengonsumsi obat pereda sakit kepala, ada cara alternatif untuk meredakannya. Seperti dikutip dari laman Modern Mom, empat cara sederhana ini bisa Anda lakukan agar bebas dari sakit kepala.

1. Konsumsi kafein

Apakah Anda tahu bahwa sejumlah kecil kafein dapat membantu mengurangi rasa sakit termasuk meredakan sakit kepala ringan? Kafein dapat membantu meringankan sakit kepala dengan
memblokir reseptor otak yang disebut adenosin, suatu neurotransmitter yang dapat menyebabkan pembuluh darah membesar dan menciptakan tekanan. Cobalah minum secangkir air panas, kopi panas atau teh hijau. Tetapi ingat, metode ini hanya efektif jika Anda mengonsumsi kurang dari 150 miligram kafein per hari .

2. Terapi suhu 
Suhu dingin bisa membatasi aliran darah, yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Menggunakan kompres dingin juga bisa membantu Anda meredakan sakit kepala. Aplikasikan kompres dingin pada daerah yang terasa nyeri selama sekitar 20 menit, sakit kepala pun akan mereda.

3. Teknik relaksasi
Otot-otot yang tegang bisa menjadi pemicu timbulnya sakit kepala. Teknik pernapasan sederhana dan latihan peregangan dapat membuat otot yang tegang kembali santai sehingga mampu meredakan sakit kepala. Bernapaslah dalam-dalam dan lakukan peregangan perlahan dengan melakukan gerakan kepala dan bahu memutar.

4. Perbaiki postur

Tahukah Anda bahwa sikap tubuh yang buruk bisa memicu sakit kepala? Bahu membungkuk, postur kepala yang terlalu ke depan serta postur leher yang kaku bisa meningkatkan peregangan dan ketegangan pada saraf. Hal ini menghalangi aliran darah dan oksigen melalui sistem saraf dan dapat menyebabkan sakit kepala dan migrain. Kabar baiknya, memperbaiki postur tubuh secara permanen mungkin dapat membantu meringankan dan menghilangkan sakit kepala. (adi)
sumber:www.kosmo.vivanews.com
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews